Resep Rahasia Kerupuk jengkol tanpa pengembang Terbaik

Kerupuk jengkol tanpa pengembang.

Kerupuk jengkol tanpa pengembang Hello mom, selamat datang. Pada artikel kali ini kita memiliki Resep Kerupuk jengkol tanpa pengembang. Resep kali ini memiliki 8 Bahan utama, dan 12 cara memasaknya. Yuk langsung kita praktekkan membuat Kerupuk jengkol tanpa pengembang.

Resep Kerupuk jengkol tanpa pengembang

  1. 500 gr jengkol (me : rebus sampai pekat).
  2. 1 kg sagu.
  3. 1/4 tepung terigu.
  4. 3 bungkus penyedap.
  5. Secukupnya garam.
  6. Gula sedikit saja.
  7. secukupnya Air.
  8. secukupnya Minyak goreng.

Makanan ini memiliki rasa yang renyah dan gurih juga dapat dijadikan sebagai lauk untuk teman. Oyoh de Kerupuk Jengkol adalah makanan ringan yang menggunakan bahan khas Indonesia, yaitu jengkol. Sekarang pakai aluminium foil yang bisa di-zip supaya bisa ditutup rapat tanpa takut melempem," kata Imas. Wah, pas banget buat kamu yang hobi nyemil sambil belajar atau nonton TV.

Instruksi Memasak Kerupuk jengkol tanpa pengembang

  1. Haluskan jengkol (me : potong kecil lalu blender).
  2. Kemudian masak air di dalam wajan untuk membuat umak adonan, lalu masukkan jengkol yang sudah halus, garam,penyedap,gula,tepung terigu, sagu sedikit (aduk-aduk sampai tercampur rata dan mengental).
  3. Setelah itu matikan api, dan masukkan umak adonan kedalam baskom ukuran sedang.
  4. Lalu tambahkan sagu sedikit demi sedikit sambil di uleni lakukan sampai adonan bisa dibentuk.
  5. Kemudian bentuk adonan ukuran sedang secara memanjang,lakukan sampai selesai.
  6. Didihkan air untuk merebus lenjeran,kemudian masukkan lenjeran kedalam air yang mendidih tunggu sampai mengapung dan benar-benar matang, lakukan sampai selesai (me : menggunakan wajan ukuran sedang).
  7. Setelah itu angkat lenjeran dan tiriskan. Tunggu sampai mengering -+ 2 hari sampai teksturnya sudah keras dan bisa di iris(me : masukkan ke dalam freezer).
  8. Kemudian iris tipis (tapi jangan tipis banget) lakukan sampai selesai.
  9. Setelah itu, jemur di bawah terik matahari,pastikan kerupuknya benar-benar kering dan sudah bisa di goreng.
  10. Panaskan minyak terlebih dahulu, kemudian masukkan kerupuk mentah sedikit demi sedikit, goreng dengan api sedang biar nggak gosong lakukan sampai selesai (sesuai keinginan saja mau gorengnya segimana).
  11. Angkat kerupuk dan tiriskan.
  12. Kemudian masukkan kedalam toples,bisa langsung di makan bisa juga disimpan untuk cemilan besok nya.

Kerupuk jengkol ini sudah tak asing di masyarakat. Kerupuk ini, seperti namanya, terbuat dari bahan dasar jengkol. Bukan tanpa alasan, kerupuk mie ini memang akan terasa nikmat jika dicocolkan ke makanan yang berkuah dan pedas. Kerupuk begitu populer di Indonesia, sehingga ragam jenisnya begitu banyak. Ada yang terbuat dari ikan, udang, bahkan jengkol.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar