Cara Membuat 73. Pempek Dos Tanpa Ikan Ala Kaki Lima Paling Gampang Tiru

Posting Komentar

73. Pempek Dos Tanpa Ikan.

73. Pempek Dos Tanpa Ikan Hello ibu, selamat datang. Pada artikel kali ini kita memiliki Resep 73. Pempek Dos Tanpa Ikan. Resep kali ini memiliki 20 Bahan utama, dan 16 cara memasaknya. Yuk langsung kita praktekkan membuat 73. Pempek Dos Tanpa Ikan.

Resep 73. Pempek Dos Tanpa Ikan

  1. Bahan Biang :.
  2. 150 gr tepung terigu.
  3. 7 siung bawang putih.
  4. 1 bks kaldu bubuk masako ayam.
  5. 1/4 sdt lada bubuk.
  6. 1 sdt garam.
  7. Bahan Lainnya.
  8. 300 gr tepung kanji/tapioka.
  9. 2 butir telur.
  10. 350 ml air.
  11. 5 sdm minyak goreng.
  12. 1 panci air.
  13. Secukupnya minyak untuk menggoreng.
  14. Bahan Isian.
  15. 3 butir telur.
  16. Sejumput garam.
  17. Bahan Pelengkap.
  18. Cuko Pempek (sdh ada di resep nomor 60).
  19. Irisan timun.
  20. Udang Ebi halus (optional).

Dengan diberi tambahan telur ayam yang dikocok. Resep Pempek Dos Adaan Tanpa Ikan - Makanan yang bermula dari Palembang Sumatera Selatan ini memang cukup populer di masyarakat sebagai jajanan yang lezat dan sehat. Pempek dos biasanya disajikan bersama dengan kuah cuko yang memiliki cita rasa asam manis pedas serta sedikit gurih. Pempek yang tidak menggunakan ikan alias pempek dos sering dijual di gerobak kakilima dengan harga murah meriah.

Instruksi Memasak 73. Pempek Dos Tanpa Ikan

  1. Haluskan bawang putih, bisa diulek bisa juga diblender. Saya diblender. Sisihkan..
  2. Campurkan semua bahan biang seperti tepung terigu, garam, lada bubuk, kaldu bubuk, bawang putih halus, dan air ke dalam wajan/teflon anti lengket. Aduk hingga merata agar tidak bergerindil (saya menggunakan wisk)..
  3. Masak bahan biang (campuran tepung terigu dll) dengan menggunakan api sedang cenderung kecil sambil terus diaduk2 hingga adonan menjadi lebih padat dan agak lengket. Matikan api. Pindahkan pada wadah lain. Tunggu hingga agak hangat..
  4. Jika adonan biang sudah sudah agak hangat, masukan 2 butir telur. Aduk menggunakan spatula. Aduk hingga merata..
  5. Tambahkan tepung kanji/tapioka sedikit demi sedikit (sampai habis) lalu tetap aduk dengan spatula kemudian terakhir uleni dengan menggunakan tangan. Uleni hingga kalis tapi jangan terlalu kuat seperti kita mengulen donat, uleni dengan perlahan saja asal tercampur rata agar pempek nantinya ketika digoreng tidak keras. Tekstur akhir adonan memang akan sedikit lengket namun sudah halus/lembut..
  6. Kocok lepas 3 butir telur + sejumput garam untuk isian. Sisihkan..
  7. Siapkan tempat/wadah yang diberi taburan tepung tapioka untuk meletakan pempek yang akan dibentuk agar tidak menempel pada wadahnya..
  8. Siapkan juga sekitar 1 sdm tepung tapioka untuk kita olesi pada tangan ketika membentuk pempek..
  9. Rebus air 1 panci untuk merebus pempek. Beri sekitar 5 sdm minyak goreng agar nanti ketika pempek direbus tidak saling menempel. Rebus air hingga mendidih dengan menggunakan api sedang..
  10. Ambil tepung kanji untuk dibalur ke telapak tangan. Bentuk adonan pempek sesuai selera. Saya bentuk pempek kapal selam dan pempek lenjer..
  11. Buat bentuk pempek kapal selam dengan cara membuat lubang yang telah dilebarkan dengan kedua jari tangan, lalu masukan kocokan telur untuk isian secukupnya. Lalu tutup adonan pempek dengan cara dipencet2 bagian atasnya..
  12. Lakukan pembentukan pempek sampai adonan pempek habis. Bentuk kapal selam dan juga bentuk lenjer..
  13. Masukan beberapa pempek terlebih dahulu untuk direbus sampai mengapung. Jika sudah mengapung, biarkan beberapa menit agar telur yang ada dalam adonan pempek kapal selam lebih matang. Rebus semua pempek hingga habis. Sisihkan dan tunggu hingga benar-benar dingin. Jika pempek sudah dingin boleh langsung digoreng..
  14. Panaskan minyak goreng dan beri tambahan 1/2 sdm tepung kanji agar ketika menggoreng pempek tidak meletup-letup..
  15. Goreng pempek sampai berwarna kecoklatan dan matang. Angkat dan tirikan..
  16. Potong2 pempek dan hidangkan bersama irisan timun dan kuah cukonya. Selamat menikmati..

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar