Cara Membuat Pempek Dos (Tapioka) Spesial

Posting Komentar

Pempek Dos (Tapioka).

Pempek Dos (Tapioka) Hello mom, selamat datang. Pada artikel kali ini kita memiliki Resep Pempek Dos (Tapioka). Resep kali ini memiliki 19 Bahan utama, dan 6 cara memasaknya. Yuk langsung kita praktekkan membuat Pempek Dos (Tapioka).

Resep Pempek Dos (Tapioka)

  1. Bahan biang.
  2. 250 ml Air.
  3. 1 sdm udang rebon, rendam haluskan.
  4. 1 sdt kaldu bubuk.
  5. 2 sdt garam.
  6. 125 gr terigu.
  7. Bahan lain.
  8. 250 gr tapioka (resep asli 200 gr).
  9. 2 butir telur.
  10. 1 butir telur untuk isian pempek.
  11. Kuah cuko.
  12. 300 ml Air.
  13. 100 gr Gula Merah.
  14. 1 sdm Udang Rebon.
  15. 3 siung Bawang Putih.
  16. 13 buah Cabe Rawit (sesuaikan selera aja).
  17. 2 sdm Asam Jawa.
  18. 1 sdt Gula Pasir.
  19. 1 sdt Garam.

Instruksi Memasak Pempek Dos (Tapioka)

  1. Buat bahan biang dulu. Dalam panci, rebus air bersama udang rebon yang telah dihaluskan, garam, dan kaldu bubuk sampai mendidih. Setelah mendidih kecilkan api, masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata hingga kalis/tidak bergerindil, sisihkan..
  2. Setelah adonan biang hangat, masukkan 2 butir telur, aduk hingga tercampur rata. Masukkan tapioka sedikit demi sedikit. Uleni adonan hingga kalis lagi, jika lengket boleh ditambah sedikit terigu..
  3. Cetak adonan sesuai selera. Bentuk lonjong untuk lenjer, untuk kapal selam, ambil adonan, kemudian bentuk bulat buat lubang tengahnya isi dengan telur, usahakan bentuk agak besar yah, sesuaikan dgn besar telur yg akan diisi dan tutup perlahan agar telur tidak keluar..
  4. Didihkan air, rebus pempek yg sudah dicetek hingga mengapung, tiriskan kemudian goreng di minyak panas..
  5. Kuah cuko: haluskan rebon, rawit dan bang putih.Rebus semua bahan untuk kuah cuko, takaran gula pasir bisa disesuaikan dengan selera masing²,didihkan jangan lupa tes rasa kemudian saring..
  6. Penyajian : potong² pempek, siram dengan kuah cukonya, bisa ditambahkan timun, tapi aku gak pake, karna gak ada. Selesai... Ini beneran lembut dan kenyal..

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar